Senin, 27 April 2015

Tuhan menetapkan langkah-langkah orang


Saudara terkasih,
Kita menyadari dan yakini bahwa Tuhanlah yang berdaulat atas hidup kita.  Tapi untuk mengalami seperti itu rasanya tidak segampang yang kita bayangkan.  Kadang kita lupa hal ini, ketika kita dihadapkan pada pergumulan berat yang seolah sulit untuk mencari jalan keluarnya, ketidakpastian masa depan atau hal2 lainnya di luar kemampuan kita untuk menjangkau dan menyelesaikannya.

Setiap hari kita menghadapi berbagai masalah di dalam hidup kita.  Dan kita tidak tahu apakah kita mampu mengatasi masalah itu.  Juga tentang masa depan kita, yang kita tidak tahu pasti, kita akan dimana, jadi apa dan apakah hidup kita akan lebih baik atau malah tambah berat permasalahan yang kita hadapi... Who knows?

Ketika kita gamang, ragu melangkah, ketika kita tidak tahu harus kemana dan bahkan ketika kita terpuruk sekalipun maka jalan satu2nya adalah pasrah diri, tunduk mau dibentuk Tuhan.  Tuhan pasti tidak menegakan kita anak2Nya untuk memberi pertolongan kepada kita. 

Dalam keadaan yang demikian, kita membutuhkan jaminan rasa aman, ketenangan.  Tak ada jalan lain kecuali membiarkan Tuhan menetapkan langkah2 kita.  Agar setiap keputusan yang kita ambil adalah keputusan yang melibatkan dan atas pimpinan Tuhan.

Mengapa harus demikian?   Ya, karena hanya Tuhanlah yang mengetahui jalan mana yang baik dan jalan mana yang sukar ditempuh.  Itulah sebabnya, Pemazmur memberi arahan yang bijak, "TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya (Mazmur 37:23).   JIka ingin lebih lengkap, jelas silakan baca ayat2 selanjutnya sampai ayat 29, itulah janji Tuhan kepada kita, apabila kita percaya dan menyerahkan sepenuhnya hidup kita kepadaNya.

Pasrah berserah berarti kita menyerahkan hidup kita kepada Tuhan dalam segala keadaan, baik suka maupun duka hari lepas hari, bukan pada saat2 tertentu saja. Mempersilahkan Tuhan berkarya dalam hidup kita supaya hidup kita sesuai dengan kehendak dan rencanaNya.

Seperti tanah liat, ia hanya pasrah ketika diproses dan dibentuk.  Adakah ia memberontak?  Ia hanya berserah dan percaya bahwa pada akhirnya nanti semua akan indah baginya.
So... don’t worry.  Percayalah!

Mari kita puji Tuhan dengan bernyanyi;

TUHAN MENETAPKAN LANGKAH-LANGKAH ORANG
YANG HIDUPNYA BERKENAN KEPADA-NYA
APABILA IA JATUH, TAK SAMPAI TERGELETAK
S’BAB TUHAN MENOPANG DENGAN TANGAN-NYA
REFF:
TANGAN-NYA, TANGAN-NYA
S’BAB TUHAN MENOPANG DENGAN TANGAN-NYA
APABILA IA JATUH, TAK SAMPAI TERGELETAK
S’BAB TUHAN MENOPANG DENGAN TANGAN-NYA


Tuhan memberkati.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar