Selasa, 10 November 2015

Pelangi Kasih



Shalom Saudara,
Saat ini hujan sudah mulai turun, rasanya membuat udara yang panas sebelumnya menjadi agak sejuk. Semoga ini juga menjadi tanda bahwa berkat Tuhan akan tercurah kepada kita semua. Kita berharap bencana asap di Sumatera dan Kalimantan, bukit2 dan hutan2 di bberapa tempat yang meranggas terbakar akan berhenti dengan datangnya hujan ini. Semoga...

Biasanya kalau musim hujan tiba, kadang kita akan melihat Pelangi di sudut langit nun jauh di sana. Ya... pelangi yang indah berwarna warni menghiasi pemandangan.

Pelangi, bisa mengingatkan kita akan perjanjian Tuhan dengan manusia. Di jaman Nabi Nuh dulu, Tuhan pernah menyatakan; Busur-Ku Kutaruh di awan, supaya itu menjadi tanda perjanjian antara Aku dan bumi.” (Kej 9:13). 

Perjanjian itu ada dilatarbelakangi ketika manusia sudah jatuh dalam dosa dan hidupnya bobrok, maka murka Tuhan mendatangkan air bah untuk memusnahkannya. Sebelumnya, Tuhan sudah memberi banyak kesempatan kepada manusia untuk bertobat, tetapi tidak ada yang menghiraukanNya, dan akhirnya Tuhan hanya memberikan keselamatan kepada segelintir orang yang percaya kepadaNya, yaitu kepada Nuh dan keluarganya.

Saudara terkasih,
Pelangi merupakan tanda bagi kita, bahwa Tuhan telah berjanji tidak akan mengirimkan air bah untuk memusnahkan segala yang hidup.  Dengan kata lain, pelangi merupakan tanda bahwa ada keselamatan yang ditawarkan Tuhan kepada manusia.

Nah.. seperti pelangi, Yesus sendiri pun juga merupakan jaminan dari perjanjian yang lebih kuat, yaitu perjanjian keselamatan antara Tuhan dengan manusia.  Tuhan telah memberikan AnakNya yang tunggal, Yesus Kristus, turun ke dunia, mati di kayu salib untuk menebus dosa2 kita manusia.  Keselamatan yang ditawarkan Tuhan ini adalah universal.  Semua orang yang mau percaya kepadaNya akan mendapatkan keselamatan dan hidup yang kekal.  

Lalu, bagaimana tanggapan kita manusia dengan tawaran Tuhan ini?  Apakah kita mau membuka hati untuk menerima Yesus sebagai juru selamat kita? Seperti Nuh dan keluarganya?  Jika ya, sudahkah kita membagikan keselamatan itu kepada orang lain? Atau bagaimana...?

Ingat! Pelangi yang ditaruh Tuhan di langit agar semua manusia dapat melihatnya.  Kita yang telah menerima perjanjian dengan Tuhan melalui Yesus, kita pun punya kewajiban untuk berusaha agar banyak orang dapat menerima keselamatan yang Tuhan anugerahkan kepada kita supaya mereka percaya dan mendapat keselamatan yang sama seperti kitaIngat!  Hukuman bisa dilewatkan, tetapi penghakiman Tuhan itu pasti. 

Seperti lirik lagu  “Pelangi Kasih”
Tangan Tuhan sedang merenda
Suatu karya yang agung mulia
Saatnya ‘kan tiba nanti
Kau lihat Pelangi KasihNYa


Tuhan memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar